Motivasi - Apa yang menjadi Fokus kita?

True motivation was created for you to reaching your dream, your love, to conquer your fear, your weakness and to bring a new perception that we can upside down the worlds by our new spirit - our new purpose of life.

Adsense

Sunday, October 4, 2015

Motivasi - Apa yang menjadi Fokus kita?




What is your focus? 
Kisah seorang ibu dan anaknya yang baru berusia 7 tahun yang kegemarannya menyantap ikan bandenga goring. Seperti anda tahu, ikan bandeng adalah ikan lezat yang memiliki banyak sekali duri-duri halus, hal ini sangat berbahaya bagi anak kecil. Setelah sang ibu memisahkan daging dari tulang-tulang ikan, barulah ia memberikannya kepada sang anak. 

Pada suatu ketika, sang ibu tidak memisahkan daging dari tulang ikan, ia langsung memberikan kepada sang anak, dengan tujuan agar sang anak tersebut mau belajar. Setelah sekian lamanya anak kecil ini berusaha memisahkan tulang-tulang dari daging ikan, ia akhirnya putus asa juga. "Tidak bisa bu, aku nggak bisa makan, kebanyakan tulangnya", ujar sang anak. Sang ibu dengan tenang berkata, "nak kamu coba lihat, banyak mana daging atau tulangnya?" "Tentu banyak dagingnya, bu", timpal anaknya. Nah kamu tahu mengapa kamu tidak bisa? Itu karena kamu terlalu berfokus pada tulangnya dan tidak berfokus pada dagingnya.

Attitude kita sangat menentukan bagaimana cara pandang kita terhadap suatu persoalan. Bagi orang positif, masalah dapat menjadi titian tangga menuju keberhasilan, mereka selalu menjadikan setiap masalah sebagai pelajaran berharga yang mendekatkan mereka dengan kesuksesan. Sementara bagi orang negative, suatu masalah bisa menjadi tembok penghalang dan batu sandungan. Orang negative melihat masalah sebagai bagian dari kejamnya dunia yang menyebabkan mereka takut untuk mencoba.

Pandangan/ focus mereka terhadap suatu persoalan menentukan apakah mereka berhasil atau tidak, contohnya jika ada gelas deyang terisi air setengahnya, orang positif akan berkata “ gelas itu terisi setengah penuh, sementara orang negative akan berkata gelas itu setengah kosong” artinya orang positif berfokus pada solusi sementara negative berfokus pada masalah.

Attitude adalah bagaimana anda bereaksi terhadap segala kejadian dalam hidup, sewaktu orang melihat segala sesuatu dari sisi positif dan konstruktif, maka kita akan melihat hal-hal baik dari setiap situasi yang anda hadapi. Emosi anda akan terbawa menjadi positif, cara berpikir anda juga akan terbiasa positif, bahkan yang paling penting adalah anda akan bertindak secara positif.

No comments:

Post a Comment