Motivasi: Self-Limiting Belief - Gajah

True motivation was created for you to reaching your dream, your love, to conquer your fear, your weakness and to bring a new perception that we can upside down the worlds by our new spirit - our new purpose of life.

Adsense

Monday, October 5, 2015

Motivasi: Self-Limiting Belief - Gajah




Self-limiting belief
Bagaimana caranya gajah-gajah liar dan bertenaga besar bisa diatur manusia? Bagaimana cara mengendalikan gajah-gajah tersebut? Caranya, para pelatih gajah memasukkan “program” ke dalam pikiran gajah ketiga gajah itu masih sangat muda. “program” dimaksud adalah menciptakan rasa berbelenggu dibenak para gajah (self-imposed limits). Bagaimana cara kerjanya? Ketika para gajah tersebut masih sangat muda, dengan berat sekitar 150 kg, mereka diikat dengan beberapa utas rantai yang sangat besar, berat dan kuat. Kemudian, rantai tersebut diikat pada sebuah tonggak besar yang tidak dapat digerakkan. Setiap hari gajah tersebut berusaha melepaskan diri dari belenggu dan keerbatasan ini, dari rantai tersebut.

Bahkan sesekali mereka mencoba memutuskan rantai ini dengan cara menggigitnya. Namun apa daya, rantai tersebut sangat besar dan kuat, mereka tetap terbelenggu. Pada suatu ketika mereka merasa lelah dan akhirnya menyerah pasrah pada keadaan, meraka putus asa mencoba melepaskan diri dari belenggu tersebut. Sekarang, para gajah tersebut merasa yakin bahwa mereka tidak memiliki kesempatan sekali lagi untuk terbebas dari belenggu.
Dengan keyakinan ini para pengendali gajah mulai mengganti rantai pengikat dengan rantai yang lebih kecil, ternyata gajah tertap tidak mau dan tidak mampu mengubah keadaan serta melepaskan diri. Dan rantai-rantaipun diganti dengan yang lebih kecil, begitu seterusnya. Bahkan ketika gajah tersebut tumbuh besar dengan berat 3000 kg, meraka tetap tidak melawan dan melepaskan diri, karena mereka yakin bahwa mereka tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk melepaskan diri.

Sama seperti gajah, kita juga sebenarnya sudah di “program” dengan membentuk batasan-batasan kita sendiri. Kita membuat penjara yang mengerangkeng sebagian besar potensi kita. Semua itu juga tidak nyata, hanya bersemayam didalam pikiran kita, yang membelenggu dan membatasi pikiran kita sehingga kita tidak bisa…

-          Mencapai hasil yang maksimal dalam hidup kita
-          Mencapai target yang lebih tinggi lagi
-          Mencapai kesuksesan yang jauh lebih besar
-          Mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari yang kita capai saat ini
-          Mencapai jenjang karier yang lebih tinggi seperti yang selalu kita impikan,
-          Mencapai mimpi-mimpi dan cita-cita kita

Kita memiliki belenggu yang mungkin mengikat kita sedari kecil atau mungkin dari pengalaman-pengalaman kita terdahulu. Sudah saatnya kita memerhatikan dengan seksama, apakah belenggu itu masih aktif atau tidak. Patahkan belenggu itu untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.


No comments:

Post a Comment